Senin, 4 Desember 2023

Manchester City dan Chelsea Berpotensi Kena Sanksi Berat

Budi Santoso
Selasa, 21 November 2023 17:03:00
Manchester City.(facebook/@ManchesterCity)

Murianews, Kudus – Manchester City dan Chelsea disebut berpotensi terkena sanksi berat. Kedua klub ini tengah menghadapi tuduhan pelanggaran aturan keuangan di Liga Inggris.

Dalam kasus yang sama, Everton sebelumnya sudah diberi sanksi pengurangan 10 poin. Sehingga mereka lansung terlempar di zona degradasi pada musim ini.

Everton didakwa oleh Liga Premier pada bulan Maret karena melanggar ketentuan keuangan. Itu terjadi setelah mereka mencatat kerugian finansial sebesar £ 371.8 juta, selama tiga tahun periode, dengan batas yang ditetapkan Liga Premier adalah £ 105 juta.

Sementara itu, Manchester City, menerima tuduhan dari Liga Premier awal tahun ini atas 115 pelanggaran aturan keuangan antara 2009 dan 2018. Chelsea juga sedang diselidiki oleh Liga Premier untuk kemungkinan pelanggaran aturan keuangan selama kepemilikan mereka dibawah miliarder Roman Abramovich.

Dilansir dari Daily Mail, eks pengacara Manchester City, Dan Stefan Borson, disebutkan telah menasihati klub ini sejak lama. Pengacara asal Inggris ini sangat yakin, baik Manchester City dan Chelsea berisiko menerima hukuman yang lebih berat daripada apa yang sudah dialami Everton.

Dan Stefan Borson bahkan memperkirakan Manchester City dan Chelsea bisa menghadapi degradasi. Itu akan terjadi jika mereka terbukti di pengadilan melakukan tindakan yang dituduhkan.

"Ketika saya melihat pengurangan 10 poin melawan Everton, bahkan saya merasa itu keras untuk melanggar undang-undang keadilan keuangan. Tapi saya pikir sanksi yang dikenakan pada Man City (jika terbukti) dan sekarang Chelsea (jika dibebankan dan mengakui pembayaran keluar dari laporan) ada kemungkinan mereka terdegradasi," ujarnya memberikan analisa.

Everton sendiri, telah mengeluarkan pernyataan terkejut dan kecewa dengan keputusan Liga Premier. Klub percaya bahwa Komisi telah menjatuhkan hukuman yang sama sekali tidak proporsional dan tidak adil.

Klub telah mengomunikasikan niatnya untuk mengajukan banding ke Liga Premier. Proses banding sekarang akan dimulai dan kasus ini akan didengar oleh Dewan Banding yang ditunjuk berdasarkan peraturan Liga Premier pada waktunya.

Everton bersikeras bahwa mereka terbuka dan transparan dalam informasi yang diberikan kepada Liga Premier. Klub menganggap bahwa beratnya hukuman yang dijatuhkan oleh Komisi, dirasakan tidak adil dan tidak masuk akal mengingat bukti yang disajikan.

Komentar