Kamis, 22 Februari 2024

Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Disetujui DPR RI

Dani Agus
Senin, 4 Desember 2023 15:13:00
Suasana rapat kerja Komisi X dengan Menpora Dito Ariotedjo, Senin (4/12/2023). (Kemenpora)

Murianews, Jakarta – Proses naturalisasi dua pemain sepak bola asal Belanda Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On mendapat persetujuan DPR RI. Hal itu berlangsung dalam rapat kerja Komisi X dengan Menpora Dito Ariotedjo, Senin (4/12/2023).

Dalam rapat kerja itu juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji di Gedung DPR RI Senayan. Dalam rapat itu, Komisi X DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada dua calon pemain naturalisasi tersebut.

”Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata pimpinan sidang Hetifah Sjaifudian, dilansir dari laman PSSI.

Nathan Tjoe-A-On saat ini bermain untuk klub Swansea City yang saat ini berlaga di liga level kedua di Inggris. Sedangkan Jay Idzes kini bermain untuk klub Serie B Venezia FC.

Menpora Dito menyampaikan apresiasi atas hasil keputusan Komisi X DPR RI yang telah menyetujui pemberian kewarganegaraan RI kepada Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On.

”Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI yang menyetujui rekomendasi ini. Semoga ini bisa bermanfaat banyak untuk olahraga Indonesia khususnya sepak bola,” kata Dito, dilansir dari laman Kemenpora.

Menurutnya, permintaan naturalisasi pemain keturunan yakni Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On, merupakan pemain yang sudah terbiasa bermain di Negara Belanda dan Inggris.

”Mereka merupakan pemain dengan kemampuan menguasai bola dan memiliki permainan dengan insting yang baik. Hal ini menjadi alasan mengingat kemampuan teknik atlet tersebut  dibutuhkan untuk melengkapi kemampuan pesepakbola lokal baik untuk kepentingan timnas sepak bola maupun kepentingan liga profesional,” ujarnya.

Komentar