Kamis, 22 Februari 2024

Tim Gulat Grobogan Juara Umum di Porprov, Tapi..

Saiful Anwar
Jumat, 11 Agustus 2023 09:25:00
Kontingen gulat Grobogan merayakan kemenangan usai pertandingan di SMAN 1 Purwodadi. (Murianews/Istimewa).

Murianews, Grobogan – Tim Gulat Grobogan berhasil meraih juara umum dalam Porprov Jateng 2023 yang digelar di aula SMAN 1 Purwodadi, Rabu (9/8/2023) lalu. Tim PGSI (Persatuan Gulat Seluruh Indonesia) Grobogan berhasil meraih enam emas.

Capaian tersebut melebihi target yang dicanangkan sebelumnya, yakni lima emas. Namun demikian, ada sedikit yang mengganjal di tengah kesuksesan tersebut, karena ada medali emas yang dibatalkan.

Herlambang, atlet gulat Grobogan menyebutkan, sedianya total medali yang didapatkan kontingen Grobogan bisa lebih banyak. Sebab, ada beberapa atlet yang didiskualifikasi karena proses mutasi atlet dianggap kurang lengkap.

‘’Sebenarnya medali emas bisa lebih banyak, karena ada yang dibatalkan. Gara-garanya, mutasi atlet yang dianggap kurang lengkap,’’ katanya, Jumat (11/8/2023).

Total ada empat atlet gulat Grobogan yang didiskualifikasi, yakni Adi Kurniawan, Herlambang, Sarinah, Lamela Hajar Aswad. Yang bikin lebih kecewa, proses diskualifikasi atlet baru dilakukan pada hari terakhir penyelenggaraan.

‘’Surat terkait diskualifikasi baru keluar hari terakhir. Sudah ada yang dapat emas dan perak di hari pertama, baru keluar surat itu,’’ imbuhnya.

Herlambang mengaku kecewa dengan Pengprov. Menurutnya, keabsahan mutasi atlet seharusnya sudah dipastikan jauh-jauh hari sebelum penyelenggaraan. Bukan ketika atlet sudah mau bermain di final Porprov, kemudian didiskualifikasi.

‘’Saya sudah mau main di final, kemudian distop, dianggap gugur,’’ jelasnya.

Menurutnya, proses mutasi atlet dirinya pun seharusnya sudah sah karena sudah bertahun-tahun tidak membela tim sebelumnya. Hal ini merugikan atlet dan tim gulat Grobogan.

‘’Proses mutasi saya dipermasalahkan karena belum ada surat dari KONI asal, DKI Jakarta. Padahal saya sudah 10 tahun tidak ikut gulat DKI Jakarta, tapi tetap dipermasalahkan,’’ paparnya.

Meski empat atlet dianggap gugur, namun Tim Gulat Grobogan tetap mampu meraih juara umum. Herlambang pun mengapresiasi capaian rekan-rekannya.

‘’Saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan. Meskipun ada emas yang dibatalkan, tapi tetap juara umum,’’ tandas atlet gulat Grobogan ini.


Editor: Budi Santoso

 

Komentar