Kamis, 22 Februari 2024

Drama Surakarta Antarkan Jerman U-17 ke Final Piala Dunia

Supriyadi
Selasa, 28 November 2023 18:00:00
Tim Jerman U-17 melakukan serebrasi usai memenangi adu penalti saat melawan Argentina U-17 di semifinal Piala Dunia. (Fifa.com)

Murianews, Surakarta – Timnas Jerman U-17 berhasil lolos ke final Piala Dunia U-17 2023. Itu terjadi setelah Der Panzer harus melewati drama adu penalti melawan Argentina dengan skor 4-2 di babak semifinal di Stadion Manahan, Surakarta, Selasa (28/11/2023).

Sejak awal laga, duel Jerman U-17 vs Argentina U-17 berlangsung sengit. Alur pertandingan bahkan tak bisa diprediksi sejak awal. Kedua tim sukses menunjukkan aksi terbaiknya. Argentina bahkan terlihat menguasai jalannya laga di sepuluh menit pertama.

Sayang, Jerman U-17 lebih dulu membuka keunggulan lewat Paris Brunner di menit 9. Aksi individu Brunner dengan menggiring bola memasuki kotak penalti berhasil dieksekusi dengan sempurna. Ia melesakkan tembakan dari sudut sempit dan tidak bisa ditangkap oleh kiper Argentina, Jeremias Florentin.

Sayangnya keunggulan Jerman itu tak bertahan lama. Di menit 36 Agustin Ruberto berhasil menyamakan kedudukan. Ia melepaskan tembakan keras dari jarak dekat memanfaatkan umpan dari Dylan Gorosito.

Jerman seolah tak direstui Dewi Fortuna. Di injury time Argentina membalikkan kedudukan. Ruberto mencetak gol keduanya setelah menerima sodoran bola dari Valentino Acuna lalu melesakkan tembakan keras yang tidak bisa dibendung kiper lawan.

Tertinggal 1-2 di babak pertama, Jerman berusaha bangkit di babak kedua. Jerman akhirnya sukses menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Brunner. Brunner mendapat bola setelah Florentin salah melakukan operan. Ia pun menggiring mendekati gawang dan melepaskan tembakan terarah ke pojok kiri gawang tanpa bisa dibendung oleh Florentin.

Jerman akhirnya bisa kembali memimpin di laga ini pada menit ke-69. Max Moerstedt berhasil membobol gawang Argentina memanfaatkan kesalahan lini belakang Argentina. Gol ini berawal dari umpan silang yang dilepaskan oleh Noah Darvich ke kotak penalti. Juan Villalba yang coba menghalau bola malah gagal melakukannya.

Bola justru mengarah ke Moerstedt. Moerstedt langsung menyundul bola masuk ke dalam gawang. Setelah unggul 3-2, Jerman terlihat makin percaya diri. Mereka terus menerapkan pressing ketat ke arah Argentina hingga memasuki masa injury time.

Argentina kemudian berhasil menyamakan skor dengan dramatis satu menit sebelum babak injury time berakhir. Umpan terobosan Echeverri diteruskan oleh tembakan kaki kiri Ruberto yang melepaskan tendangan sambil menjatuhkan diri. Skor imbang 3-3 dan harus melalui drama adu penalti.

Dalam adu penalti, Heide bisa membendung dua eksekutor Argentina yaitu Franco Mastantuono dan Claudio Echeverri. Sedangkan di kubu Jerman, hanya Finn Jeltsch yang gagal melaksanakan tugasnya.

Jerman pun berhak melangkah ke final dengan kemenangan 4-2 dalam adu penalti. Jerman kini tinggal menanti pemenang duel Prancis vs Mali.

Komentar