Kamis, 22 Februari 2024

Kelakar Ronaldo: Liga Arab Saudi Lebih Baik dari MLS

Zulkifli Fahmi
Selasa, 18 Juli 2023 10:28:00
Cristiano Ronaldo (Twitter/Fabrizio Romano)

Murianews, Riyadh – Cristiano Ronaldo menyebut Liga Arab Saudi lebih baik dari pada Mayor League Soccer (MLS) atau Liga Utama Sepak Bola Amerika Serikat.

Pernyataan itu diungkapkannya dalam sebuah wawancara dengan pakar transfer Fabrizio Romano. Hasil wawancara itu pun disiarkan lewat twitter jurnalis asal eropa itu.

’’Liga Saudi lebih baik dari MLS,’’ tegas Ronaldo seperti dikutip dari Twitter Fabrizio Romano, Selasa (18/7/2023).

Dalam wawancara itu, Ronaldo berkelakar tak akan kembali ke Eropa. Ia pun menyebut telah membuka pintu bagi pemain top eropa untuk berkarir di Liga Arab Saudi.

’’Saya 100% yakin saya tidak akan kembali ke klub Eropa mana pun. Saya membuka jalan ke liga Saudi dan sekarang semua pemain datang ke sini,’’ terangnya.

Ronaldo menyatakan telah menutup pintu untuk kembali ke sepak bola Eropa. Ia pun memahami usianya yang sudah tak lagi muda dan tidak mungkin berkarir di klub Eropa.

’’Saya tidak akan kembali ke sepak bola Eropa, pintunya benar-benar tertutup,’’ katanya.

Ia bahkan menyebut sepak bola telah kehilangan banyak kualitasnya. Namun hanya satu yang masih dinilainya kompetitif, yakni Liga Premier Inggris.

’’Saya berusia 38 tahun, juga sepak bola Eropa telah kehilangan banyak kualitas. Hanya satu yang valid adalah Liga Premier, mereka jauh di depan semua liga lainnya,’’ ujarnya.

Top skor sepanjang masa Portugal itu menyebut keputusannya bergabung ke klub Liga Arab Saudi telah membuat catatan penting. Di mana, banyak pemain top baru yang mencoba berkarir di Liga Arab Saudi.

’’Itu fakta,’’ tegasnya.

Keputusan itu sama halnya ketika Ronaldo bergabung ke Juventus. Ia menyebut saat itu Serie A Italia sudah mati. Setelah ia bergabung ke Juventus, Seria A kembali kompetitif.

’’Ketika saya bergabung dengan Juventus, Serie A sudah mati dan kemudian setelah saya masuk, itu dihidupkan kembali. Ke mana pun Cristiano pergi, dia membangkitkan minat yang lebih tinggi,’’ kelakar Ronaldo.

Ia pun memahami banyak yang mengkritiknya datang ke Liga Arab Saudi. Namun, ia mampu menjawab kritikan itu lantaran banyak pemain top yang mengikuti jejaknya.

’’Mereka mengkritik saya karena datang ke Liga Saudi, tapi apa yang terjadi sekarang? Saya membuka jalan dan sekarang semua pemain datang ke sini,’’ kata Ronaldo.

 

Komentar