Kamis, 22 Februari 2024

Wasit Wanita Bakal Pimpin Laga Fulham Vs Man United

Zulkifli Fahmi
Jumat, 3 November 2023 10:55:00
Rebecca Welch. (X/PGMOL)

Murianews, London – Laga Fulham versus Manchester United bakal menjadi sejarah baru dalam dunia sepak bola di Liga Inggris. Pertandingan itu akan dipimpin wasit wanita Rebecca Welch.

Rebecca Welch akan menjadi wasit wanita pertama yang terlibat dalam pertandingan Liga Primer Inggris. Informasi itu diungkap dalam akun X, Professional Game Match Officials Limited (PGMOL).

Lanjutan Liga Primer matchday ke-11 yang mempertemukan Fulham dan Manchester United akan menampilkan Welch dalam kapasitas wasit keempat di Craven Cottage.

”Sejarah akan dibuat akhir pekan ini ketika Rebecca Welch menjadi wasit wanita pertama yang bertindak sebagai ofisial keempat dalam pertandingan Primer League. Rebecca akan menjadi bagian dari tim yang ditunjuk untuk pertandingan Sabtu antara Fulham dan Manchester United di Craven Cottage,” tulis akun PGMOL.

Welch sendiri sebelumnya permah menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Preston North End vs Birmingham City di Divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris.

Karirnya kemudian berkembang pesat hingga ia terpilih menjadi wasit untuk Piala Dunia Wanita 2023. Di ajang tersebut, ia memimpin tiga pertandingan, termasuk laga Denmark vs Australia di babak 16 besar.

Sebelumnya, ia juga pernah memimpin final Piala FA Wanita pada 2017 dan 2020. Setelah itu diangkat ke divisi teratas wasit wanita uleh UEFA.

Kemudian, pada 2021, ia membuat sejarah sebagai wasit wanita pertama di Inggris yang memimpin pertandingan profesional.

Namun, Welch bukan satu-satunya wasit wanita yang terlibat dalam pertandingan Fulham vs Manchester United. Selain namanya, ada Sian Massey-Ellis yang akan menjadi asisten VAR untuk duel hari Sabtu iay.

Jika wasit utama John Brooks mengalami cedera, maka Welch akan menjadi wanita pertama yang menjadi wasit Liga Primer.

Komentar