Kamis, 22 Februari 2024

Spanyol Tumbangkan Georgia 3-1

Zulkifli Fahmi
Senin, 20 November 2023 07:44:00
Selebrasi Ferran Torres ke gawang Georgia. (Instagram/@ferrantorres)

Murianews, Valladolid – Spanyol berhasil menang 3-1 atas tamunya, Georgia dalam laga pamungkas Kualifikasi Euro 2024, Senin (20/11/2023) dini hari. Tiga gol Spanyol dicatatkan Robin Le Normand di menit ke empat, Ferran Torres (55), gol bunuh diri Luis Lochosvili (72), dan gol Georgia dicatat Khvicha Kvaratskhelia (10).

Laga Spanyol vs Georgia di Stadion Municipal Jose Zorilla, Valladolid ini sudah tidak menentukan bagi kedua tim. Spanyol sudah dipastikan lolos ke Euro 2024, sedangkan Georgia sudah menyegel tempat di playoff.

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente pun melakukan sembilan perubahan pada starting XI dari laga melawan Siprus. Hanya Gavi dan Robin Le Normand yang kembali jadi starter.

Meski begitu, Spanyol masih tetap perkasa. Terbukti, tim Banteng Matador ini hanya butuh waktu 4 menit untuk menjebol gawang Georgia.

Bermula dari tendangan bebas Ferran Torres, Robin Le Normand yang berdiri di tiang dekat pun langsung menanduk bola ke gawang Georgia.

Giorgi Mamardashvili, kiper Georgia pun tak bisa mengantisipasinya. Gol debut pemain Real Sociedad bersama Timnas Spanyol itu membawa tuan rumah unggul 1-0.

Sayang, Spanyol tak bisa mempertahankan keunggulannya. Di menit ke 10, kiper Spanyol Unai Simon terpaksa memungut bola dari gawangnya.

Bintang Georgia Khvicha Kvaratskhelia berhasil menjadi biang terciptanya gol itu. Sepakan mendatang winger Napoli itu tak mampu dibentung Simon.

Memasuki menit ke-23, Spanyol harus kehilangan Gavi. Gelandang muda Bercelona itu cedera setelah salah tumpuan saat mencoba menguasai bola.

Cedera Gavi tampak serius. Ia terlihat menahan rasa sakit sambil memegangi lututnya.

De la Fuente kemudian menggantikannya dengan Oihan Sancet. Cederanya Gavi cukup memengaruhi permainan Spanyol. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1

Di babak kedua, Spanyol kembali agresif dan mencetak gol cepat. Giliran Ferran Torres yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke 55.

Penyerang Barcelona itu memanfaatkan umpan Jose Gaya sebelum menjebol gawang Georgia. Dari selebrasinya yang menunjuk jersey Gavi, gol itu tampak dipersembahkan pada kawannya di Barcelona itu.

Unggul 2-1, Spanyol masih terus menekan Georgia. Lagi-lagi pemain Barcelona menjadi bintangnya laga ini. Gol ketiga Spanyol datang dari umpan Lamine Yamal yang mencoba dibendung Luka Lochosvili di menit ke 72.

Namun, bola justru mengarah ke gawang Georgia. Gol bunuh diri Lochosvili tersebut memastikan kemenangan 3-1 Spanyol atas Georgia.

Kemenangan atas Georgia membuat Spanyol memantapkan posisi di puncak klasemen akhir Grup A berbekal nilai 21. La Roja didampingi Skotlandia sebagai dua tim dari Grup A yang lolos ke putaran final Euro 2024.

Komentar