Kamis, 22 Februari 2024

Lima Besar Porprov, Bonus Atlet Jepara Belum Jelas

Faqih Mansur Hidayat
Senin, 14 Agustus 2023 13:59:00
Ketua KONI Kabupaten Jepara Syamsul Anwar konferensi pers terkait bonus atlet. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara – KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Jepara, sukses mendulang prestasi di ajang Porprov XIV Jawa Tengah Pati Raya 2023. Sayangnya, hingga kini bonus atlet masih belum ada kejelasan.

Dalam ajang yang digelar selama sepekan lalu itu, kontingen Kabupaten Jepara sukses menempati posisi lima besar dengan perolehan 122 medali . Rinciannya 44 medali emas, 30 perak, dan 48 perunggu.

“Raihan ini melesat jauh dari torehan Porprov 2028. Di mana saat itu Jepara meraih 19 emas dan posisi 10 besar,” kata Ketua KONI Kabupaten Jepara, Syamsul Anwar, Senin (14/8/2023).

Syamsul menegaskan, keberhasilan itu merupakan buah dari usaha dan kerja keras atlet serta pelatih. Untuk itu, sudah semestinya mereka mendapatkan apresiasi yang layak. Salah satunya yaitu dengan pemberian bonus atlet.

Hanya saja, sampai saat ini bonus untuk keringat para atlet tersebut masih abu-abu. Dalam beberapa kesempatan, Sekda Jepara Edy Sudjatmiko selaku Ketua Kontingen Porprov Kabupaten Jepara menyatakan bahwa, bonus atlet akan dianggarkan di tahun 2024.

Bagi Syamsul, bonus atlet harus segera dipastikan kejelasannya. Pihaknya tidak ingin para atlet yang sudah berjuang mati-matian tidak mendapatkan apresiasi apapun.

“KONI Kabupaten Jepara mendorong Pemkab Jepara segera memperjelas bonus atlet dan pelatih. Jangan terlalu lama,” tegas Syamsul.

Dalam rapat terakhir pembahasan bonus atlet, lanjut Syamsul, sudah muncul rincian angkanya. Untuk kategori perorangan, medali emas mendapat bonus Rp 50 juta, perak Rp 20 juta dan perunggu Rp 10 juta.

Sementara untuk kategori beregu 1-5 orang, peraih medali emas diberi bonus Rp 30 juta, perak Rp 15 juta dan perunggu Rp 10 juta. Sedangkan kategori beregu 6-25 orang, bonus medali emas Rp 25 juta, perak Rp 10 juta dan perunggu Rp 7,5 juta. Lalu untuk pelatih, peraih medali emas diberi bonus Rp 20 juta, perak 10 juta dan perunggu Rp 7,5 juta.

“Kami harap bonus atlet bisa segera cair. Dan skemanya tetap seperti itu,” pungkas Syamsul.

Komentar